Sunday, March 25, 2012

IBADAH MINGGU JUDIKA DI GKPPD CILILITAN

GKPPD Cililitan, Jakarta Timur (seberang Gedung BKN)
Minggu, 25 Maret 2012, Ibadah Minggu berbahasa Pakpak sebagaimana biasanya, dilaksanakan di GKPPD Cililitan Pk.10.00 WIB. Karena Penulis berangkat dari Cileungsi, Bogor menuju Cililitan dengan jarak yang cukup jauh, maka tiba di gereja sedikit terlambat. Thema ibadah minggu kali ini adalah "Judika" yang artinya adalah "keadilan" dengan sub thema "Tunjukkanlah keadilan bagiku Tuhan" (Mazmur 43:1).

Adapun Firman Tuhan dilayani oleh Pdt. Mangara Sinamo, sekaligus juga memberikan peneguhan Sidi kepada 1 orang wanita pada kesempatan tersebut. Khotbah diambil dari Yohanes 12:20-33 dengan perikop "Orang-orang Yunani mencari Yesus." Dijelaskan terlebih dahulu alasan mengapa orang-orang Yunani mencari Yesus sebagaimana tersebut dalam 1 Korintus 1:22 "Orang-orang Yahudi menghendaki tanda dan orang-orang Yunani mencari hikmat."
Adapun jawaban Tuhan Yesus terhadap keinginan orang-orang Yunani tersebut adalah bahwa orang-orang Yunani (sama seperti manusia sekarang ini) mencari perkara-perkara kecil (tentang hikmat dunia ataupun kekayaan dunia) sedangkan perkara-perkara besar (hikmatn dan kekayaan sorgawi yaitu hidup yang kekal) tidak dicari manusia. Selanjutnya, berkaitan dengan thema ibadah minggu ini, bahwa setiap orang yang mau mengikut Yesus (dengan cara menyangkal diri dan memikul salib) pasti mendapatkan imbalan dari Tuhan yaitu kemuliaan dan hidup kekal di sorga (Roma 2:9-11). Sebab Allah itu adil. Dan untuk mendapatkan kemuliaan dan hidup yang kekal itu, orang harus direndahkan terlebih dahulu. Seperti benih gandum yang harus ditanam dan mati, tetapi kemudian akan menghasilkan buah yang lebih banyak. Demikian juga Anak Manusia akan ditinggikan diatas kayu salib, taat sebagai hamba sampai mati, akan tetapi bangkit di hari ketiga dan mengalahkan Iblis.

Ibadah berlangsung dengan penuh sukacita dengan diiringi persembahan lagu koor dari Kaum Ibu (Partua Ibages) dan Kaum Bapak (Partua Ibale), juga persembahan pujian dari Kaum Pemuda (Simatah Daging).
Selamat Hari Minggu, Njuah-njuah banta karina, Tuhanta mendengani..

No comments:

Post a Comment